Home > News-Berita > Transaksi belanja online di Lebaran meningkat

Transaksi belanja online di Lebaran meningkat

JAKARTA. Tak seperti peritel konvensional, nasib lebih baik menimpa perusahaan operator belanja online di periode puasa dan Lebaran tahun ini. Nilai transaksi di periode tersebut meningkat signifikan.

Ambil contoh hasil dari Blibli.com. Transaksi belanja di periode Lebaran naik hingga dua kali  lipat dari transaksi bulan-bulan normal. Malah, pencapaian tersebut melonjak 200% dari periode Lebaran tahun lalu. “Dibanding tahun lalu, transaksi Lebaran tahun ini naik dua kali lipat,” ucap Kusumo Martanto, Chief Executive Officer Blibli.com ke KONTAN, akhir pekan lalu.

Hasil tersebut sesuai dengan ekspektasi dari Blibli.com. Sayang, Martanto tidak merinci lebih lanjut nilai transaksi penjualan di periode hari raya tersebut. Tapi Kusumo mengakui target transaksi  tersebut sejatinya tidak terlalu tinggi lantaran pihaknya masih menilai pertumbuhan ekonomi di Indonesia sejauh ini belum terlalu baik.

Penjualan terbanyak di periode tersebut berasal dari produk busana muslim, fesyen, produk kecantikan hingga gadget serta otomotif. Melihat hasil yang positif ini, Kusumo Martanto menargetkan pertumbuhan transaksi penjualan di situs tersebut bisa melonjak hingga tiga kali lipat dibanding tahun lalu.

Sementara Blanja.com juga mengalami hal yang sama. Transaksi penjualan perusahaan e-commerce milik PT Telkom selama Ramadan  melesat 78% dibandingkan bulan-bulan normal. Hasil tersebut rupanya telah melampaui ekspektasi awal yang dipatok perusahaan ini.

Rieka Handayani, Head of Public Relation Blanja.com, menyatakan, pertumbuhan penjualan Blanja.com ini sejalan dengan strategi bisnis yang telah dilakukan sejak Maret 2017. “Maret lalu kami melakukan transformasi besar mulai dari perubahan logo dan  tagline. Kami mulai agresif mengenalkan diri ke publik lewat pemasaran, kerjasama lewat kanal promosi,” tandasnya kepada KONTAN.

Lewat strategi tersebut, transaksi penjualan di situs tersebut terdongkrak hingga empat kali lipat secara bertahap sejak sejak Maret lalu. Ini sudah termasuk lonjakan transaksi saat Lebaran.

Berbeda dengan di Blibli, produk terlaris saat periode Lebaran di Blanja justru gadget. Disusul oleh produk fesyen dan perlengkapan rumah tangga. 

Tak mau kalah, transaksi penjualan saat periode Lebaran kemarin di Mataharimall.com juga melonjak tiga kali lipat dari Lebaran tahun lalu. Produk elektronik dan gadget jadi yang terlaris.

Menurut Head of Communication and Partnership MatahariMall.com Alvin Aulia Akbar, hasil tersebut tidak terlepas dari adanya promo dari pihak perbankan selama periode tersebut. “Saat ini ada sekitar 14 bank yang melakukan promo,” katanya kepada KONTAN, Minggu (9/7).

Nilai transaksi di periode Lebaran tersebut juga naik sekitar 20% dari rata-rata nilai transaksi pada bulan sebelumnya. Lagi-lagi, Alvin tidak merinci besaran nilai transaksi belanja online tersebut.


Source link

About admin

Check Also

Cara Bea Cukai tertibkan impor ilegal

JAKARTA. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemkeu) membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penertiban …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *