Home > News-Berita > Summarecon hibah lahan ITB Innovation Park

Summarecon hibah lahan ITB Innovation Park

JAKARTA. PT Summarecon Agung Tbk (SMRA) mengadakan kerja sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk membangun ITB Innovation Park di atas 1 hektare (ha) lahan tanah kota terpadu Summarecon Bandung, Gedebage. Ini guna mendukung program pemerintahan Presiden Joko Widodo dalam meningkatkan produktivitas masyarakat dan daya saing di industri pasar global.

ITB Innovation Park akan dilengkapi dengan beragam fasilitas, seperti laboratorium dan testing IC, design, serta software production service di bidang games, animasi, radar, smart city, dan medical equipment. Selain itu juga terdapat inkubator bisnis, kantor pelayanan Kekayaan Intelektual, kantor pelayanan manajemen, kafe, dan lainnya.

ITB Innovation Park akan membantu bisnis-bisnis startup yang terdaftar dalam Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahawan (LPIK) dalam bentuk pemberian akses finansial dan pasar. Pelatihan-pelatihan bisnis juga akan diadakan di sini. 

Bentuk kerja sama ini dilakukan melalui perjanjian hibah yang ditandatangani oleh Direktur Utama PT Mahkota Permata Perdana (anak perusahaan Summarecon) Herman Nagaria dan Sekretaris Jenderal Kementrerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Ainun Na’im, di Kantor Kemenristekdikti (10/7). 

Hibah lahan ini dilakukan secara dua tahap. Pada tahap pertama seluas 6.027 meter persegi (m2). Setelah dibangun dan dikembangkan oleh ITB, akan dilakukan penghibahan kembali seluas 4.013 m2. Sehingga totalnya menjadi 1 ha.

Presiden Direktur PT Summarecon Agung Tbk Adrianto P. Adhi menyatakan, alasan memilih ITB sebagai partner kerja sama adalah kredibilitas dan resources yang dimiliki ITB. Ia berharap bahwa pihak Summarecon bukan hanya mendapat keuntungan yang bersifat rupiah, namun mendapatkan keuntungan intengible juga.

“ITB diharapkan akan menjadi pelopor pengembangan bisnis kreatif berdasarkan information and communication technology (ICT) sehingga keberadaan ITB akan diikuti oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang bisnis kreatif dan ICT,” jelas Adhi, Senin (10/7).

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil telah menetapkan Gedebage sebagai Bandung Teknopolis yakni pusat kota baru berbasis ICT. Pembangunan ITB Innovation Park akan mewujudukan konsep pengembangan Triple Helix di Summarecon Bandung, Gedebage. Konsep Triple Helix  adalah sinergi kekuatan antara akademisi, bisnis, dan pemerintah.

 


Source link

About admin

Check Also

Cara Bea Cukai tertibkan impor ilegal

JAKARTA. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemkeu) membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penertiban …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *