Home > News-Berita > Sentimen yang pengaruhi pasar global hari ini

Sentimen yang pengaruhi pasar global hari ini

JAKARTA. Meningkatnya imbal hasil obligasi Asia memberikan tekanan pada pergerakan sejumlah indeks saham Asia. Sedangkan sentimen dari pertemuan G-20 di Hamburg ditanggapi beragam di bursa Eropa.

Analis Binaartha Parama Sekuritas, Reza Priyambada bilang Nikkei melemah diikuti peningkatan JPY setelah laju USD sempat turun setelah rilis penurunan ADP employment change AS. “Di sisi lain, ASX pun juga turut melemah diikuti sejumlah indeks saham Asia lainnya,” katanya melaui rilis yang diterima KONTAN, (10/7).

Aksi jual menyusul respon atas ekspektasi sikap dari sejumlah bank sentral global yang akan mengetatkan kebijakan moneternya juga ikut menjadi sentimen. Sebab, kondisi tersebut berimbas pada meningkatnya laju imbal hasil obligasi Asia.

Untuk zona Eropa adanya sentimen dari pertemuan G-20 di Hamburg yang dibarengi dengan rilis beberapa data ekonomi, mendapat tanggapan beragam dari pelaku pasar sehingga laju bursa saham Eropa. “Laju indeks Pan-European Stoxx600 melemah 0,07 % dengan rata-rata sektor berada di teritori merah,” ujarnya.

Saham-saham media terkena aksi jual setelah beberapa emiten mendapat rating downgrade. Saham-saham migas juga melemah seiring penurunan harga minyak setelah merespon kenaikan jumlah cadangan minyak AS. Di sisi lain, saham-saham ritel mampu mengurangi imbas pelemahan tersebut.

Untuk zons Amerika Serikat (AS) pasca pelemahan, laju bursa saham AS kembali menguat seiring respon positif atas kenaikan data-data ketenagakerjaan. Departemen tenaga kerja AS melaporkan adanya kenaikan 222.000 pekerjaan di bulan Juni di atas perkiraan 179.000 serta kenaikan gaji rata-rata 0,2%.


Source link

About admin

Check Also

Ramadan, transaksi di Lazada naik 2,5 kali lipat

JAKARTA. Minat masyarakat membeli barang secara online di bulan ramadan kemarin rupanya sangat tinggi. Tak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *