Home > News-Berita > Sampai April, ROI Dapen stagnan

Sampai April, ROI Dapen stagnan

JAKARTA. Industri dana pensiun memperoleh return on investment (ROI) sebesar 2,3% sampai bulan April 2017. ROI sebesar itu sama dengan perolehan pada periode yang sama di tahun lalu.

Bila dirinci, ROI terbesar didapat oleh dana pensiun pemberi kerja (DPPK). Baik itu DPPK yang menjalankan program pensiun manfaat pasti maupun iuran pasti, mencatatkan RoI yang sama besar pada empat bulan pertama tahun ini yakni sebesar 2,5%.

ROI DPPK manfaat pasti mengalami kenaikan tipis dari periode yang sama di tahun lalu. Dimana pada saat itu, DPPK manfaat pasti mendapatkan ROI sebesar 2,4%.

Sementara, ROI yang didapat DPPK iuran pasti mengalami pertumbuhan yang tinggi. Pada Aspeil tahun lalu, segmen dana pensiun ini hanya mencapatkan RoI sebesar 1,9%.

Sedangkan capaian ROI dari dana pensiun lembaga keuangan (DPLK) malah mengalami penurunan. Yakni dari sebelumnya 2,2% menjadi hanya 1,8%.

Direktur Eksekutif Asosiasi Dana Pensiun Indonesia (ADPI) Bambang Sri Muljadi menyebut pengelola dana pensiun memang cenderung memilih instrumen investasi yang lebih aman.

“Sehingga perolehan imbal pun tak banyak bergerak dari posisi tahun kemarin,” kata dia beberapa waktu lalu.

Menurutnya, dana pensiun makin mementingkan keamanan investasi di tengah kondisi pasar yang masih cukup menantang. Hal ini agar kewajiban jangka panjang kepada peserta pun bisa tetap terjaga.


Source link

About admin

Check Also

Ramadan, transaksi di Lazada naik 2,5 kali lipat

JAKARTA. Minat masyarakat membeli barang secara online di bulan ramadan kemarin rupanya sangat tinggi. Tak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *