Home > News-Berita > Penjualan ritel Mei 2017 menguat 4,3%

Penjualan ritel Mei 2017 menguat 4,3%

JAKARTA. Konsumsi sektor swasta membaik pada bulan Mei 2017. Pertumbuhan penjualan eceran atau ritel ini diyakini berlanjut hingga Juni.

Berdasarkan survei Bank Indonesia, Rabu (12/7), Indeks Penjualan Riil (IPR) dari Survei Penjualan Eceran Mei 2017 tumbuh 4,3% dibanding setahun sebelumnya (year on year). Angka ini lebih baik ketimbang kinerja April yang naik 4,2% yoy.

Kenaikan penjualan ritel terutama terjadi di kelompok makanan yang tumbuh 9,7% (yoy). April, kelompok ini naik 8,4%. Secara regional, peningkatan penjualan eceran terutama terjadi di Semarang dan Bandung.

Dari sisi bulanan, penjualan ritel Mei naik 3,8% dibanding bulan sebelumnya, di mana April hanya tumbuh 1,2% dibanding Maret.

 

Kuartal II

Survei ini yang dilakukan terhadap 700 peritel di 10 kota besar. BI memperkirakan, akan ada kenaikan penjualan ritel sebesar 6,7% yoy di bulan Juni mendatang yang disebabkan kenaikan permintaan makanan dan non-makanan saat Ramadan dan Idul Fitri.

Dengan perbaikan pada bulan Juni, BI memperkirakan, kinerja penjualan ritel kuartal II (April-Juni) akan lebih baik ketimbang periode awal tahun.

“Tapi, pertumbuhannya masih jauh lebih rendah dari periode yang sama di tahun 2016 yang mencapai pertumbuhan tertinggi 16,3% pada Juni 2016,” tulis BI.

Tiga bulan setelah Mei (Agustus), BI mencatat indikasi ada penurunan tekanan harga barang. Inikasi ini terlihat dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan yang akan datang, di posisi 138,3, lebih rendah dari posisi 146,7.


Source link

About admin

Check Also

Ramadan, transaksi di Lazada naik 2,5 kali lipat

JAKARTA. Minat masyarakat membeli barang secara online di bulan ramadan kemarin rupanya sangat tinggi. Tak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *