Home > News-Berita > Pemerintah lunasi utang ke Pertamina pada 2018

Pemerintah lunasi utang ke Pertamina pada 2018

JAKARTA. Pemerintah akan membayar utang subsidi bahan bakar minyak (BBM) kepada PT Pertamina (Persero) sebesar Rp 20 triliun tahun depan. Namun demikian, pemerintah berupaya untuk dapat mencicilnya pada tahun ini.

“Kami akan lunasi di 2018. Tapi bisa juga kalau ada cashflow di 2017, bisa dicicil. Kami lihat semua potensi,” kata Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Askolani di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (6/7).

Menurut Askolani, selain utang subsidi BBM pemerintah kepada Pertamina senilai Rp 20 triliun, ada pula utang BBM khusus TNI kepada Pertamina yang besarannya Rp 8 triliun.

“Utang BBM TNI Rp 8 triliun, dan utang subsidi Rp 20 triliun. Itu posisi audit 2016, hitungannya segitu,” katanya. Utang BBM khusus TNI ditargetkan untuk dibayarkan pada tahun ini dalam APBN Perubahan (APBNP) 2017.

Jika melihat keuangan Pertamina, saat ini perseroan tengah mengalami negative cashflow sebesar US$ 800 juta di kuartal I 2017, karena belum mendapat penyesuaian harga BBM sesuai formula. Selain itu, ada pula piutang dari pemerintah yang belum dibayarkan ke Pertamina sekitar Rp 30 triliun.

“Juga ada beban-beban lainnya, seperti kebijakan BBM satu harga, tetapi kami rajin berkomunikasi dengan Kemenkeu,” kata Direktur Pertamina Elia Massa Manik beberapa waktu lalu.


Source link

About admin

Check Also

Ramadan, transaksi di Lazada naik 2,5 kali lipat

JAKARTA. Minat masyarakat membeli barang secara online di bulan ramadan kemarin rupanya sangat tinggi. Tak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *