Home > News-Berita > Obligasi global korporasi kian ramai

Obligasi global korporasi kian ramai

JAKARTA. Penerbitan surat utang berdenominasi dollar Amerika Serikat (AS) atau global bond kian ramai. Berdasarkan riset KONTAN, sejumlah emiten beramai-ramai menerbitkan instrumen pendanaan tersebut untuk berbagai keperluan.

Terbaru, ada perusahaan batubara PT ABM Investama Tbk (ABMM) yang akan menerbitkan global bond maksimal US$ 450 juta dengan tenor lima tahun. ABMM akan menggunakan dana hasil penerbitan obligasi global ini untuk refinancing dan sebagian lagi untuk ekspansi usaha. Terkait rencana ini, perusahaan telah memperoleh persetujuan pemegang saham dalam RUPSLB yang diselenggarakan akhir pekan lalu, Jumat (7/7).

PT Gajah Tunggal Tbk (GJTL) juga meiliki rencana serupa. Produsen ban itu berniat merilis global bond senilai US$ 500 juta. Dana perolehan dari penerbitan surat utang itu akan digunakan untuk keperluan refinancing kewajibannya yang akan jatuh tempo tahun ini.

Ada juga emiten seperti PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) yang justru menambah jumlah emisi global bond. BSDE sebelumnya telah merilis obligasi global senilai US$ 225 juta menjelang akhir tahun lalu. Tapi, pertengahan Mei lalu porsinya bertambah senilai US$ 70 juta.

 


Source link

About admin

Check Also

Cara Bea Cukai tertibkan impor ilegal

JAKARTA. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemkeu) membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penertiban …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *