Home > News-Berita > Lebaran 2017, bisnis daring meraup untung besar

Lebaran 2017, bisnis daring meraup untung besar

JAKARTA. Penjualan online selama momentum lebaran 2017 mengalami peningkatan. Transaksi penjualan perusahaan e-commerce selama periode bulan Ramadan tumbuh signifikan baik dibandingkan bulan-bulan normal maupun dari periode yang sama tahun sebelumnya. Ini berbanding terbalik dengan penjualan ritel domestik yang justru mengalami perlambatan.

Dari catatan Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) , penjualan ritel untuk seluruh format pada periode lebaran 2017 hanya naik 5%-6% dari bulan nornal. Padahal pada periode yang sama tahun lalu justru mengalami kenaikan 16,3%.

Blibli.com misalnya mencatatkan pertumbuhan transaksi penjualan selama momentum lebaran dua kali lipat dari bulan-bulan normal. Tak hanya itu, pencapaian tersebut juga meningkat 200% dibandingkan pada momentum lebaran tahun 2016. ” Dibanding tahun lalu transaksi naik dikisaran 2 kali lipat juga.” kata Kusumo Martanto, CEO Blibli.com pada KONTAN, Jumat (7/7).

Pencapaian transaksi penjualan Blibli.com selama periode bulan Ramadhan 2017 tersebut sesuai dengan ekspektasi perusahaan sebelumnya. Blibli.com belum bisa memasang target terlampau tinggi lantaran menurut Kusumo pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan di Indonesia belum terlalu baik.

Penjualan paling banyak selama periode tersebut ada pada kategori produk busana muslim, fashion, produk kecantikan, kuliner, automotive, gadget dan small appliance. Pertunbuhan transaksi penjualan tersebut juga didukung lewat strategi yang dilakukan perusahaan seperti dengan penawaran-penawaran khusus, penawaran paket lebaran, peluncuran beberapa produk-produk baru yang sesuai dengan kebutuhan semasa lebaran dan termasuk pengiriman express secara gratis.

Dengan strategi-strategi yang dilakukan, Blibli.com mengharapkan bisa mencetak pertumbuhan transaksi penjualan tiga kali lipat tahun ini dibanding transaksi pada tahun 2016.

Sementara Blanja.com juga mengalami hal yang sama. Transaksi penjualan perusahaan e-commerce milik PT Telkom ini selama bulan Ramadhan tumbuh 78% dibandingkan bulan-bulan normal. Pencapaian ini telah melampaui ekspektasi perusahaan sejak awal.

Head of Public Relation Blanja.com Rieka Handayani mengatakan pertumbuhan penjualan Blanja.com ini juga sejalan dengan strategi bisnis yang telah dilakukan sejak Maret 2017 lalu.

“Maret lalu kami melakukam transpormasi besar mulai dari perubahan logo dan tagline. Kami mulai agresif mengenalkan diri ke publik baik tentang campaign marketing, partnership dan brand melalui kanal-kanal promosi, ” katanya pada KONTAN.

Strategi action tersebut berhasil mendongkrak transaksi sekitar 400% secara bertahap sejak transpormasi tersebut. Ini termasuk berkontribusi terhadap penjualan lebaran.

Kategori produk yang menjadi primadoma di Blanja.com adalah gadget. Lalu disusul kategori fashion dan perlengkapan rumah tangga. Saat ini, perusahaan e-commerce ini menjuL lebih dari 500 juta produk yang terdiri dari 10 kategori.


Source link

About admin

Check Also

Ramadan, transaksi di Lazada naik 2,5 kali lipat

JAKARTA. Minat masyarakat membeli barang secara online di bulan ramadan kemarin rupanya sangat tinggi. Tak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *