Home > News-Berita > Inilah sentimen penggerak pasar hari ini

Inilah sentimen penggerak pasar hari ini

JAKARTA. Adanya rilis data tenaga kerja Amerika Serikat (AS) bulan Juni memberikan sentimen positif pada laju bursa saham Amerika Serikat. Positifnya laju bursa saham Asia berimbas pada jalannya bursa saham Eropa yang juga positif.

Reza Priyambada analis Binaartha Parama Sekuritas menyatakan, AS melaporkan kenaikan 222.000 pekerjaan pada Juni. Angka ini berada di atas perkiraan 179.000 serta adanya kenaikan gaji atau upah rata-rata 0,2%. 

Sentimen positif bursa Amerika Serikat tersebut juga berimbas positif pada laju sejumlah bursa saham Asia. “Pelaku pasar memanfaatkan momentum ini untuk kembali masuk memanfaatkan pelemahan yang ada,” kata Reza dalam riset yang diterima KONTAN, Selasa (11/7).

Sementara Nikkei menguat 0,76% yang diikuti kenaikan saham-saham di bursa saham Australia hingga sejumlah indeks saham Tiongkok. Adanya rilis inflasi Tiongkok sebesar 1,5% yoy dan deflasi -0,2% secara bulanan telah diantisipasi sebelumnya. “Positifnya laju bursa saham Asia berimbas pada jalannya bursa saham Eropa yang juga positif,” lanjutnya.

Indeks Pan-European Stoxx600 naik 0,38 persen dengan dukungan mayoritas saham. Saham-saham perbankan dan teknologi kembali diburu pelaku pasar sehingga menjadi salah satu yang mencatatkan tertinggi terbaik. 

Saham-saham berbasiskan migas turut masuk dalam jajaran saham-saham penghasil gain setelah harga minyak mentah kembali naik. “Adanya rilis peningkatan ekspor Jerman turut menyumbang sentimen positif,” imbuhnya.

Di awal pekan ini, laju bursa saham AS mampu kembali melanjutkan pergerakan positifnya seiring mulai masuknya masa rilis kinerja keuangan para emiten. Kenaikan saham Amazon seiring datangnya Prime Day dengan para pelanggan utamanya memberikan sentimen positif pada sektor teknologi dan berimbas pada kenaikan indeks Nasdaq. 

Indeks DJIA melemah dengan penurunan saham Wal Mart yang menutupi kenaikan saham Boeing. Sementara S&P500; naik dengan dukungan saham-saham tekno dan material.


Source link

About admin

Check Also

Ramadan, transaksi di Lazada naik 2,5 kali lipat

JAKARTA. Minat masyarakat membeli barang secara online di bulan ramadan kemarin rupanya sangat tinggi. Tak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *