Home > News-Berita > Hanya setengah koperasi berstatus sehat

Hanya setengah koperasi berstatus sehat

MAKASAR. Hari ini bertepatan dengan Hari Koperasi. Dalam kesempatan tersebut, Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga memberikam gambaran koperasi Indonesia kepada Jokowi pada hari peringatan ke-70 di Lapangan Karebosi, Makassar pada Selasa (12/07).

“PDB Koperasi saat ini per 2016 telah mencapai 3,99% dibandingkan tahun 2013 hanya 1,71%. Begitu juga dengan rasio wirausaha Indonesia 2016 mencapai 3,01%, dibanding 2013 hanya mencapai angka 1,55%,” ungkap Puspayoga.

Puspayoga melanjutkan, hal ini akan terus ditingkatkan guna mengejar Singapura yang telah memiliki wirausaha 7% dari total penduduk, atau Malaysia yang 5%.

Selanjutnya, Prayoga menjelaskan bahwa Kemenkop UKM telah mengeluarkan 43.000 surat pembubaran koperasi di Indonesia. Hal ini guna meninjaklanjuti saran Jokowi dalam mereformasi total koperasi nasional. Langkah yang ditempuh oleh Prayoga adalah dengan rehabilitasi, reorientasi, dan pengembangan koperasi.

Adapun saat ini ada sekitar 152.000 koperasi yang masih aktif di Indonesia. Rinciannya, 76.000 koperasi saja yang berstatus sehat, sedangkan sisanya, 76.000 unit lagi, tengah sakit dan dalam upaya  rehabilitasi.

“Itulah wajah koperasi Indonesia, suka tidak suka, adalah tugas kita seluruh stakeholder untuk membina koperasi di penjuru Indonesia,” tutur Prayoga.

Bagi koperasi yang sehat akan dimasukan kedalam data base koperasi sehat dan aktif. Sedangkan yang sakit bila tidak bisa dibina maka akan dibubarkan.

“Kita menuju koperasi yang berkualitas, yang jumlah anggotanya besar. Namun bukan jumlah badan koperasi yang banyak. Sebab jumlah anggota yang banyak akan mendorong perekonomian anggota dan PDB koperasi,” jelas Prayoga.


Source link

About admin

Check Also

Cara Bea Cukai tertibkan impor ilegal

JAKARTA. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemkeu) membentuk Satuan Tugas (Satgas) Penertiban …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *