Home > News-Berita > Faktor pemerintah optimistis ekonomi melaju 5,2%

Faktor pemerintah optimistis ekonomi melaju 5,2%

JAKARTA. Meski pertumbuhan realisasi belanja modal melambat, pemerintah meyakini pertumbuhan ekonomi tahun ini masih bisa mencapai angka 5,2%. Angka itu ditargetkan dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara perubahan (RAPBN-P) 2017.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan (Kemkeu) Suahasil Nazara mengatakan, pertumbuhan ekonomi tahun ini masih bisa mencapai angka 5,2%. Meski pertumbuhan realisasi belanja modal pemerintah melambat, pihaknya masih optimistis melihat komponen lain penyumbang pertumbuhan.

“Kami masih optimistis di konsumsi rumah tangga, moga-moga bisa ke 5,1% tahun ini,” kata Suahasil saat ditemui di Gedung DPR, Selasa (11/7).

Dalam Nota Keuangan RAPBN-P 2017, pemerintah memang lebih optimistis terhadap pertumbuhan konsumsi rumah tangga dan kinerja ekspor tahun ini. Dua hal itu yang menjadi perhitungan pemerintah dalam mengusulkan target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,2%.

Konsumsi rumah tangga diperkirakan tumbuh 5,1%, lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya yang sebesar 5%. Hal ini disebabkan oleh perbaikan ekspor dan impor yang akan meningkatkan penghasilan masyarakat.

Selain itu, ekspor dan impor dalam RAPBN-P tahun ini tumbuh masing-masing 4,8% dan 3,9%, juga lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya yang masing-masing sebesar 0,1% dan 0,2%.

Sementara itu, konsumsi pemerintah diperkirakan hanya tumbuh 4,6%, lebih rendah dari perkiraan sebelumnya sebesar 4,8%. Begitu juga dengan investasi yang diperkirakan hanya tumbuh 5,4%, lebih rendah dari perkiraan sebelumnya 6%.


Source link

About admin

Check Also

Ramadan, transaksi di Lazada naik 2,5 kali lipat

JAKARTA. Minat masyarakat membeli barang secara online di bulan ramadan kemarin rupanya sangat tinggi. Tak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *