Home > News-Berita > Butuh dana, klaim surrender naik dobel digit

Butuh dana, klaim surrender naik dobel digit

JAKARTA. Sebagian masyarakat rupanya masih cukup menggantungkan pemenuhan dana tunai dari polis asuransi jiwa. Hal ini tercermin dari mendominasinya klaim penebusan (surrender) hingga awal tahun ini.

Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat, hingga kuartal pertama 2017 ini nilai klaim surrender yang dibayarkan industri mencapai angka Rp 13,27 triliun. Nilai klaim penebusan tersebut setara dengan 55,2% dari total klaim yang sebesar Rp 24 triliun.

Bahkan selama triwulan pertama tahun ini, besaran klaim surrender naik cukup besar yakni menembus 23,6% secara year on year.
Ketua AAJI Hendrisman Rahim mengakui kenaikan klaim penebusan ini seiring dengan meningkatnya kebutuhan dana tunai di masyarakat.

“Salah satu cara pemenuhan dana yang masih cukup banyak dipilih adalah dengan menebus polis,” katanya beberapa waktu lalu.
Selain dari surrender, ada pula segmen nasabah yang mencoba memenuhi kebutuhan dana mereka dengan mengajukan klaim partial withdrawal.

Selama tiga bulan pertama tahun ini, klaim partial withdrawal mengalami kenaikan sebesar 16,4% secara tahunan menjadi Rp 3,86 triliun. Menurutnya, klaim partial withdrawal sebenarnya terbilang lebih baik karena nasabah hanya menarik sebagian nilai tunai yang dimiliki sehingga nasabah bisa mendapat tambahan dana tanpa harus memutus kontrak polis.


Source link

About admin

Check Also

Ramadan, transaksi di Lazada naik 2,5 kali lipat

JAKARTA. Minat masyarakat membeli barang secara online di bulan ramadan kemarin rupanya sangat tinggi. Tak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *