Home > News-Berita > Baznas Mataram Siapkan Rp 2 Miliar untuk Program Ramadhan

Baznas Mataram Siapkan Rp 2 Miliar untuk Program Ramadhan

Jakarta News, JAKARTA — Badan Amil Zakat Nasional Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyiapkan dana sebesar Rp2 miliar untuk berbagai program pemberian santunan di bulan Ramadan 1438 Hijriah.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Mataram H Mahsar Malacca di Mataram, Rabu Kemarin, mengatakan direncanakan program santunan Ramadan mulai disalurkan pada 8 Juni 2017.  “Sasaran program santunan Ramadan tetap dalam kerangka tiga program unggulan yakni Mataram peduli, Mataram sejahtera, Mataram cerdas, Mataram sehat, dan Mataram takwa,” katanya.

Dalam Program Mataram peduli, katanya, diperuntukkan bagi kaum duafa berupa bantuan kepada fakir miskin, bedah rumah, santunan lansia dan bantuan bencana alam.

Sedangkan Program Mataram sejahtera adalah pemberian bantuan modal dan bantuan bergulir bagi usaha kecil, Mataram cerdas berupa program beasiswa, Mataram sehat adalah bantuan bagi warga miskin yang memiliki penyakit berat dan membutuhkan penanganan darurat.

“Sementara program Mataram takwa merupakan bantuan bagi marbot, guru mengaji, mualaf dan lainnya,” sebutnya.

Dengan dana Rp2 miliar untuk program Ramadan tersebut, menurutnya, program pertama yang akan dilaksanakan adalah pemberian santunan kepada 6.000 orang fakir miskin dengan total anggaran Rp600 juta.

“Satu fakir miskin yang menjadi sasaran mendapatkan santunan sebesar Rp100 ribu,” katanya.

Pendistribusian santuan dilaksankaan melalui kelurahan agar lebih terkoordinir mengingat data fakir miskin yang menjadi sasaran ini berasal dari masing-masing kelurahan.

Dikatakan, anggaran pemberian santuan itu bersumber dari zakat, infak dan sedekah (ZIS) aparatur sipil negara (ASN) muslim lingkup Pemerintah Kota Mataram yang terhimpun melalui Baznas.

“Jadi sasarannya adalah fakir miskin muslim, sebab dana ini bersumber dari ZIS,” katanya.

Menurutnya, pemberian santunan kepada fakir miskin merupakan salah satu progam Baznas Kota Mataram setiap bulan Ramadan. “Tujuannya, agar masyarakat miskin ikut menikmati dan merasakan kebahagiaan menyambut hari kemenangan, karenanya santunan ini bersifat konsumtif,” katanya.

Mantan Sekda Kota Mataram ini mengatakan, selain pemberian santuan kepada fakir miskin, dalam bulan Ramadan ini Baznas Kota Mataram juga akan menyerahkan bantuan melalui beberapa program. Bantuan itu antara lain bantuan kepada marbot, panti asuhan, guru ngaji, penjaga sekolah, serta kepada para buruh sapu atau pasukan kuning di Kota Mataram.

“Besaran bantuan bervariasi, prinsipnya total bantuan yang akan disalurkan selama bulan Ramadan sebesar Rp2 miliar,” katanya.


Source link

About admin

Check Also

Ramadan, transaksi di Lazada naik 2,5 kali lipat

JAKARTA. Minat masyarakat membeli barang secara online di bulan ramadan kemarin rupanya sangat tinggi. Tak …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *